RESUME E-UMKM: APLIKASI PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS ANDROID SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN INDONESIA
A. PENDAHULUAN
Di Indonesia UMKM sering menjadi perhatian dari banyak kalangan, khususnya pemerintah. Ini dikarenakan UMKM memiliki peran dan andil dalam membangun perekonomian didalam negeri. UMKM membiliki banyak peran penting seperti, banyaknya jumlah UMKM yang ada di Indonesia, membuka banyak lapangan kerja, berkonstribusi dalam pembentukan produk domestic bruto (PDB). Untuk meningkatkan kinerja UMKM maka dibutuhkan suatu inovasi seperti E-UMKM.
B. METODOLOGI
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Landasan yangdigunakan sebagai panduan yaitu penelitian sesuai fakta dilapangan. Analisis yang digunakan diperoleh dari hasil wawancara berbagai pemilik umkm di semarang.
C. HASIL DAN PEMBAHASAN
E-UMKM adalah suatu konsep tentang sistem pemasaran produk hasil UMKM di Indonesia dalam menembus pasar bebas di ASEAN dengan basis aplikasi yang ada di smartphone. E-UMKM hamper mirip dengan sistem pemasaran online, namun bedanya hanya E-UMKM diawasi oleh lembaga pemerintah. Dan yang boleh memasarkan produknya adalah yang memiliki izin bersertifikat.
Pihak-Pihak yang Dipertimbangkan dalam Mengimplementasikan Gagasan
1. Pemerintah
Pemerintah memiliki peran yang sangat penting atau paling oenting dalam terwujudnya E-UMKM. Pemerintah memiliki an dil sebagai pengawas rpelaksanaan program, pengontrol pelaksanaan program, sekaligus pemberi dana demi terwujudnya E-UMKM.
2. Kementrian Koperasi dan UMKM
Kementrian koperasi dan UMKM juga memiliki andil sebagai pembuat kebijakan, pengawas, penyeleksi produk apasaja yang masuk E-UMM.
3. Kementrian Ekonomi
Peranan Kementrian Ekonomi adalah pengontrol baran apasaja yang dapat keluar masuk Indonesia, pengawas pertumbuhan ekonomi,dan lembaga yang ikut mensosialisasikan E-UMKM
4. Kementrian Riset dan Teknologi
Lembaga ini mempunyai tugas dalam urusan iptek, membantu presiden dalam terwujudnya E-UMKM.
5. Masyarakat (Produsen UMKM)
Lembaga ini memiliki peran sebagai peserta yam memasarkan barang dagangannya ke E-UMKM
6. Perusahaan Jasa Pengiriman Barang
Memiliki peran sebagai media pengirim barang yang terbeli untuk sampai kepada konsumen.
Langkah-Langkah Strategis dalam Mengimplementasikan konsep E-UMKM
1. Tahap Pembuatan Aplikasi
Membuat gagasan atau konsep dalam terwujudnya aplikasi E-UMKM
2. Tahap Sosialisasi dan Pendataan serta Sertifikat Produk UMKM
Setelah aplikasi untuk smartpone terwujud, barulah terjadi sosialisasi terhadap para pelaku UMKM yang akan memasarkan barang dagangannya di E-UMKM, menyeleksi, dan memberi sertifikat.
3. Tahap Input Data Produk UMKM yang Bersertifikat ke Web
Setelah semua data produk terdata, pemerintah kan memasukan data data produk tersebut ke web (E-UMKM)
4. Tahap Pengiriman Barang
Jika produk yang ditawarkan terjual maka produsen dapat mengirim sendiri produk tersebut melalui jasa pengiriman.
Komentar
Posting Komentar