bisnis plan
Bisnis Plan
merupakan pernyataan formal yang berisi tujuan berdirinya sebuah bisnis, pendiri bisnis memiliki tujuan agar rencana mendirikan bisnis bisa dicapai dengan baik.
1. Executive summary
dalam membuat sebuah bisnis langkah pertama yang harus dilakukan adalah bahwa bisnis yang kita bangun harus mempunyai visi dan misi yang jelas dan menarik. bagian pertama harus mampu berdiri sendiri yang mencakup semua hal didalam bisnis yang anda bangun.
merupakan pernyataan formal yang berisi tujuan berdirinya sebuah bisnis, pendiri bisnis memiliki tujuan agar rencana mendirikan bisnis bisa dicapai dengan baik.
1. Executive summary
dalam membuat sebuah bisnis langkah pertama yang harus dilakukan adalah bahwa bisnis yang kita bangun harus mempunyai visi dan misi yang jelas dan menarik. bagian pertama harus mampu berdiri sendiri yang mencakup semua hal didalam bisnis yang anda bangun.
2. Company Overview
didalam bagian ini harus berisi gambaran umum bisnis yang akan anda buat berisi seperti who are you, where are you,dan what do you do, seperti urban kick
- diproduksi oleh sebuah perusahaan dengan nama cv urban ternama creative industries dengan founder dadang priyono pada tahun 2010
- bentuk perusahaan yakni i CV(Persekutuan Komonditer dengan susunan terlampir)
- urban ternama Creative Industries terletak di Nuansa Majasem - Cirebon City, West Java, Indonesia
3. Product and servies
produk yang dihasilkan oleh cv urban ternama creative industries dengan menggunakan brand urban kicks adalah
- t-shirt adalah jenis pakaian yang menutupi bagian lengan, seluruh badan, dan perut.
- sneaker adalah suatu jenis alas kaki yang biasanya terdiri sol, hak, kap, tali, dan lidah.
4. Marketing and Sales plan
- market segmentation is the process of breaking a heterogeneous group of potential buyer into smaller homogeneous groups of buyer, that is with relatively similar buying characteristics or needs.
- segmentasi pasar merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokan pasar heterogen menjadi pasar yang homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.
- urban Kicks dengan produk T-shirt dan Sneaker memiliki segmen dengan minat olahraga populer seperti, skateboard, dengan kondisi wilayah Urban(perkotaan) dan menyukai musik-musik populer seperti Hip-Hop ataupun musik populer budaya Urban.
5. Strategy and Implementation
- mendeskripsikan bagaimana strategi untuk menjual barang tersebut sehingga menjadi trending topic ataupun laku dipasaran baik dengan cara unik ataupun generik.
- metode strategi bisa menggunakan Bellow The Line & Above The Line, On-line & Off-line.
- deskripsikan dengan jelas apabila dijual dengan online mulai dari akun medsos(fb,tweet,ig dll)
6. Manajement Team
- Mendeskripsikan bagaimana bagian-bagian team ini memiliki job description serta fungsi nya masing-masing sesuai dengan struktur organisasi perusahaan.
- Dapat juga ditambahkan mengenai SOP dalam perusahaan.
7. Financial plan
berisi tentang perencanaan produksi, hpp yang dapat menjelaskan harga produk, alasan menjial dengan harga tersebut,target penjualan.
contoh produksi sneaker
produksi sneaker
financial plan
-produksi
produksi t-sihrt
3 article x 30 pcs x 50.000 = 4.500.000
produksi sneaker
3 article x 30 pcs x 50.000 = 4.500.000
-budget selling and promotion
internet = 300.000
-biaya lain-lain = 200.000
-cadagan = 500.000
----------------------------------------------------------------------------------- +
= 10.000.000
8. Appendices
- berisi data-data pendukung ataupun grafik-grafik yang mendukung business plan.
- dapat juga berisi gambar-gambar lampiran lainnya.
Komentar
Posting Komentar